Rohis Gelar Trendi

 


Pesantren kilat atau sanlat identik dengan kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di bulan Ramadhan di berbagai lembaga pendidikan. Berbeda dengan SMA Negeri 2 Metro yang menggelar Pesantren Manajemen Diri (Trendi) selama 3 hari selama bulan Ramadhan 1445 H yang dimulai sejak tanggal 2 – 4 April 2024 M.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang unggulan sekolah dalam rangka mengisi beberapa hari di bulan Ramadhan dengan tujuan memberikan wawasan manajerial diri ( self management ). “Hal ini bukan tanpa alasan, karena usia pelajar SMA adalah usia pencarian jati diri, masa labil sehingga membutuhkan pendamping yang bisa menjadi tempat curhat sekaligus bisa mengarahkan ke arah yang lebih baik. Karenanya, moment baik ini kita jadikan sebagai moment upgrade kompetensi diri bagi siswa dan siswi.” kata Amar Fatkhalloh, S.Pd.I Koordinator Pengembangan Kecerdasan Spiritual yang menyelenggarakan kegiatan Trendi.


Trendi yang dilaksanakan ini diikuti oleh semua siswa kelas 10 dan 11 dengan panitia dari OSIS dan Rohis dan kendali sepenuhnya di bawah Tim Pengembangan Kecerdasan Spiritual. Trendi ini diikuti bukan hanya oleh siswa yang beragama Islam, namun yang beragama Kristen dan Hindu juga mengikuti kegiatan ini namun di tempat yang berbeda dan tetap di dalam sekolah.


Dalam sambutannya, Ali Kurniawan, S.HI., M.Pd mengatakan bahwa Trendi ini wajib diikuti oleh semua peserta didik kelas 10 dan 11 dan agar melaksanakan secara ikhlas dan penuh rasa tanggungjawab. Puasa bukan hanya menahan kita untuk tidak makan dan minum di siang hari, namun mengajarkan dan menggembleng kita agar kita menjadi orang yang disiplin. “ Puasa mendidik kita agar menjadi orang yang disiplin dalam segala hal sehingga kita akan menjadi orang yang sukses, yang dalam bahasa Al Quran disebut sebagai orang yang muttaqin ( bertaqwa).” Ujarnya.

Selain materi-materi pengembandang diri ( self management ) peserta didik juga mendapatkan materi yang berkaitan dengan pendalaman maknawi beragama, dengan demikian peserta didik dapat melakukan perubahan dalam sikap keseharian menjadi lebih baik lagi.


Dalam kegiatan ini juga dilakukan kegiatan perdana yaitu Tasmi’ Al Quran juz 30 oleh 6 peserta didik dari ekskul Takhfidz Al Quran yang disaksikan dan diuji secara bersama-sama di masjid Al Firdaus SMA Negeri 2 Metro.

Para dewan guru bekerja sama untuk mengisi berbagai kegiatan yang dilakukan dengan peserta didik tersebut . Nahh kegiatan ini sangat memiliki dampak yang positif bagi spiritual serta karakter peserta didik. Kegiatan banyak diisi dengan sharing, ceramah, nonton bersama, serta pendalaman materi terkait dengan agama dan manajemen diri.


Harapan dari adanya kegiatan pesantren kilat ini supaya peserta didik bisa dan mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. “Saya senang dan berterima kasih kepada para dewan guru yang terlibat dalam kegiatan pesantren kilat ini. Berkat mereka juga semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan ini bisa terus dilaksanakan sebagai peringatan bulan ramadhan,” ujar pak Ali selaku kepala sekolah.

Post a Comment

Silahkan memberikan tanggapan dengan menggunakan bahasa yang santun..terimakasih... :-)

Previous Post Next Post

Popular Items